Minggu, 16 Januari 2011

Pabrik Senjata M-16

share to fb























Colt M4 Carbine adalah sistem senjata serbaguna dengan kemampuan dan kegunaan yang telah teruji di peperangan yang memberikan rasa percaya diri bagi operatornya untuk menyelesaikan misinya. Dengan barrel sepanjang 14.5 in (37 cm) senjata ini didesain untuk digunakan dimana keringanan, kecepatan, mobilitas dan daya tembak diperlukan. Selain nyaman untuk dibawa, senjata ini juga langsung menyajikan kekuatan, akurasi dan jarak tembak dari senapan yang berkaliber 5.56mm ini.Telah terbukti dalam banyak operasi militer, M4 Carbine menjadi satu-satunya sistem senjata utama. Colt M4 Carbine telah menjadi senjata pilihan bagi prajurit abad 21.

M4 Carbine sangat akurat dan efektif di semua area uji coba. Senjata ini menjadi senjata favorit baik bagi pasukan infanteri maupun pasukan khusus, unit komando dan kru kendaraan tempur. Tersedia dalam 3 pilihan mode menembak, Safe/Semi/Full-Auto (model R0977), M4 Carbine menjadi senjata pilihan utama saat ini.

Desain ulang fitur popor geser 4 posisi di M4 Carbine memberi keleluasaan untuk menyesuaikan diri dengan perbedaan ukuran dan karakter fisik pasukan sekaligus dalam menyesuaikan degan variasi posisi menembak atau variasi seragam/aksesoris. Hampir semua komponen mekanisnya sesuai dengan senapan M16, memastikan kualitas, ketersediaan suku cadang dan menghemat biaya perawatan.

Barrel M4 Carbine di desain agar sesuai dengan pelontar granat M203 yang bisa dengan mudah dipasang sehingga memberikan kemampuan menembak target tunggal maupun target area. Dan juga semua pelontar granat pada senapan pasukan Amerika Serikat dan NATO bisa ditembakkan tanpa peralatan tambahan.

M4 Carbine dan variannya menggunakan amunisi NATO berkaliber 5.56x45mm dan dioperasikan dengan gas dan berpendingin udara. Seperti kebanyakan karabin, M4 lebih nyaman untuk dibawa dibandingkan dengan senapan serbu dengan popor panjang. Dengan panjang laras hampir 6 in. (15 cm), menjadikannya sangat akurat pada jarak sampai dengan 300 yards (+/- 275 m). Statistik menunjukkan, kebanyakan dalam pertempuran unit bersenjata skala kecil terjadi dalam radius 100 yards (+/- 92 m). Ini berarti bahwa M4 adalah senjata paling memadai bagi kebanyakan pasukan. Kekurangan dalam jarak tembak, mampu ditutupi dengan peningkatan yang signifikan dalam hal pengoperasian.

Ketika M4 dipertimbangkan sebagai kandidat untuk senjata organik bagi pasukan non-tempur (kru kendaraan tempur dan staf), M4 juga ideal untuk pertempuran jarak dekat (CQC-Close Quarter Combat), linud dan operasi khusus. Senapan ini telah diadopsi oleh USSOCOM (United States Special Operations Command) dan juga merupakan senjata favorit US Army Special Forces dan Navy Seal. M4 dikembangkan dan diproduksi oleh pemerintah Amerika Serikat melalui perusahaan Colt Firearms, yang memiliki kontrak ekslusif untuk memproduksi M4 dan variannya hingga 2009, tapi beberapa perusahaan juga menawarkan senjata seperti M4. M4A1, bersama dengan M16A4, telah menggantikan kebanyakan M16A2, seperti US Air Force, yang merencanakan penggantian total untuk selanjutnya menggunakan M4 Carbine. M4 Carbine juga menjadi senapan standar bagi anggota US Air Force Security Forces baik di markas maupun ketika ditugaskan keluar.


US Marine Corps juga telah memerintahkan petugasnya (sampai dengan pangkat Letnan Kolonel) dan petugas Staf Non-Bintara untuk membawa senapan M4 Carbine daripada pistol M9. Ini sesuai dengan motto Marine Corps, "Every Marine a Rifleman." United States Navy juga telah mengeluarkan perintah penggunaan M4A1 daripada M9.

Seperti semua varian senapan serbu M16, M4 Carbine dan M4A1 bisa dijejali dengan bebagai aksesoris, seperti night vision devices, silencer, laser pointers, telescopic sights, bipod, pelontar granat M203 atau M320, M26 MASS shotgun, dan lainnya yang kompatibel dengan MIL-STD-1913 Picatinny rail.

Aksesoris lain yang sering digunakan termasuk AN/PEQ-2 (Target Pointer/Illuminator/Aiming Light), Advanced Combat Optical Gunsight (ACOG) dan M68 Aimpoint. EOTech Holosight malah menjadi paket dari SOPMOD II (salah satu varian M4 yang akan dikembangkan).

Pada April 2002 presentasi oleh US Army Natick Soldier Center mengenai pemakaian M4 oleh pasukan Amerika Serikat di Afghanistan (seperti dalam operasi Anaconda) mendapatkan data sebagai berikut:
- 34% melaporkan bahwa handguard M4 mereka bergetar dan panas ketika dipakai menembak.
- 15% melaporkan bahwa mereka bermasalah ketika mereset pisir M68.
- 35% menambahkan sikat dan 24% menambahkan tusuk gigi untuk peralatan pembersih mereka.
- Para prajurit juga melaporkan beberapa masalah:
- 20% melaporkan double-feeding.
- 15% melaporkan feeding jams.
- 13% melaporkan bahwa masalah di atas biasanya disebabkan oleh magazine.
- 89% prajurit merasa percaya diri dengan senjatanya.
- 20% merasa tidak puas karena kemudahan perawatannya.
Selain itu, para prajurit juga mengusulkan diadakan perubahan antara lain:
- 55% menginginkan agar senjata dibuat lebih ringan.
- 20% lainnya menginginkan magazin yang sedikit lebih besar.

Pada musim gugur 2007, US Army melaksanakan tes terhadap M4 dengan tiga karabin lainnya dalam keadaan berpasir di Aberdeen Proving Ground, Maryland. Ketiganya adalah Heckler & Koch XM8, Fabrique Nationale de Herstal SOF Combat Assault Rifle (SCAR) dan Heckler & Koch HK416. Sepuluh dari masing-masing tipe senapan digunakan untuk menembak sebanyak 6000 kali, total 60.000 kali tembakan untuk tiap tipe senapan. XM8 menjadi yang paling sedikit mengalami kemacetan, 116 kemacetan minor dan 11 kemacetan total, diikuti FN SCAR dengan 226 kemacetan dan HK416 dengan 233 kemacetan. Pihak US Army mengatakan akan mengembangkan M4 agar lebih tahan lama dan pemakaian magazin yang lebih handal untuk mengurangi kemacetan. Masalah pada magazine menyebabkan 239 dari 882 masalah yang timbul pada M4 selama pengetesan. Perwakilan dari US Army mengatakan bahwa magazin yang baru akan siap tempur musim semi ini jika uji coba berjalan dengan baik.


Spesifikasi:
CALIBER : 5.56X45mm NATO (.223 Rem)
WEIGHT WITHOUT MAG : 5.9 lb (2.68 kg)
EMPTY 30 ROUND MAG : 0.25 lb (0.11 kg)
LOADED 30 ROUND MAG : 1.0 lb (0.45 kg)
OVERALL LENGTH :
Stock Retracted 33 in (84 cm)
29.8 in (76 cm)
BARREL LENGTH : 14.5 in (37 cm)
BORE CHARACTERISTICS : Hard Chrome Lined, 6 Lands & Groves, 1 Twist in 7 in (178 mm), Right Hand
METHOD OF OPERATION : Gas; Direct System; Locking bolt
MUZZLE VELOCITY : 2900 ft/sec (884 m/sec)
MUZZLE ENERGY : 1645 Joule
EFFECTIVE RANGE : 600 m
FRONT SIGHT : Adjustable front
REAR SIGHT : M16A4 target style sight adjustable for windage and elevation to 600m
SIGHT RADIUS : 14.5 in (37 cm)
CYCLIC RATE OF FIRE : 700-950 rpm
FIRE CONTROL SELECTION : Safe - Semi - Full Auto
UPPER RECEIVER : Flat Top With Detachable Carrying Handle

AVAILABLE MODELS
RO977 : Flat top, Safe/Semi/Full Auto
RO979 : Flat top, Safe/Semi/Burst
RO777 : Fixed handle, Safe/Semi/Full Auto
RO779 : Fixed handle, Safe/Semi/Burst










Description: Pabrik Senjata M-16 Rating: 4.5 Reviewer: deldywoy godspeed - ItemReviewed: Pabrik Senjata M-16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Top Comment :
javascript:void(0)