Rabu, 15 Januari 2014

Matahari Berputar Mengelilingi Bumi

share to fb

Bukti Bahwa Matahari Berputar Mengelilingi Bumi



Mungkin selama ini kita sudah dicekcoki dengan teori-teori ilmuwan kafir yang mengatakan bahwa bumilah yang mengelilingi matahari. Ternyata itu semua salah! yang sebenarnya adalah bahwa mataharilah yang mengelilingi bumi. Para yahudi kafir itu cuma iri dengan kenyataan bahwa pusat alam semesta ini adalah Kaabah, dan matahari serta semua planet-planet diciptakan Allah SWT untuk berputar mengelilingi Kaabah. Itulah sebabnya mengapa mereka berusaha mengaburkan kebenaran itu dan menyesatkan manusia terutama kita umat muslim dengan teori-teori konyol mereka.





Berikut ini akan saya coba paparkan bukti-bukti tentang ‘Diamnya Bumi dan Bergeraknya Matahari’. Perlu diketahui, diamnya bumi dan bergeraknya matahari sudah disepakati sejak dahulu oleh ahli kitab, dibenarkan oleh al-Qur’an, as-Sunnah, dan juga disepakati oleh para ulama hingga saat ini.




Bukti dalam al-Qur’an dan as-Sunnah, serta Kesepakatan para Ulama Bahwa Bumi Diam Tidak Bergerak
Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan bergeser, dan sungguh jika keduanya akan bergeser, tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia itu Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.” (QS. Fathir [35]:41)
Ayat ini sangat jelas menunjukkan bahwa bumi tidak bergerak, seandainya bumi itu bergerak mengelilingi matahari, berarti bumi itu bergeser dari satu tempat ke tempat lainnya.

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah berhentinya langit dan bumi dengan izin-Nya.” (QS. Ar-Rum [30]:25)
Para ulama’ bahasa dan tafsir mengatakan bahwa maksudnya adalah berhenti dan diam di satu tempat, tidak maju dan tidak mundur.
Kemudian Ibnu Mandhur berkata: “Di antara makna ini adalah firman Allah, dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah berhentinya langit dan bumi dengan izin-Nya.” (QS. Ar-Rum [30]:25)
“Artinya adalah diam dan tetap, serta tidak bergerak dan tidak pula berputar.” (Lisanul Arab 12/498)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Dan Kami jadikan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh supaya bumi (itu) tidak goncang bersama mereka.” (QS. Al-Anbiya’ [21]:31)
“Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung di (permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoncangkan kamu.” (QS. Luqman [31]:10)

Dalil as-Sunnah:
Dari Shafwan bin Assal al-Muradi berkata: Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah menjadikan sebuah pintu taubat di sebelah barat, lebarnya sepanjang perjalanan tujuh puluh tahun, pintu ini tidak akan ditutup sehingga matahari akan terbit dari arahnya.” (Hadits Hasan Shahih riwayat Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, Thabrani)

Dalil as-Sunnah:
Dari Miqdad bin Aswad dari Rasulullah bersabda: “Pada hari kiamat matahari akan didekatkan kepada makhluk sehingga berjalak satu mil.” (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi)

Dalam riwayat Uqbah bin Amir, Rasulullah bersabda: “Matahari mendekat ke bumi, maka manusia mengeluarkan keringat.” (HR. Ahmad, Thabrani, Ibnu Hibban, Hakim, berkata al-Haitsami: Sanad riwayat Thabrani Bagus)

Dalil as-Sunnah:
Dari Anas bin Malik dari Rasulullah bersabda: “Tatkala Allah menciptakan bumi, maka bumi itu bergerak, lalu Allah menciptakan gunung-gunung dan menancapkannya di atas bumi, maka bumi pun tenang.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dilemahkan oleh syaikh Albani)

Bukti Bahwa Matahari Berputar Mengelilingi Bumi
Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Dia menciptakan langit dengan tujuan yang benar, Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa Lagi Maha Pengampun.” (QS. Az-Zumar [39]:5)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Dan dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya beredar di dalam garis edarnya.” (QS. Al-Anbiya’ [21]:33)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala:
“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa serta Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah sehingga setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir, kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan, dan malampun tidak dapat mendahuli siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. Yasin [36]: 38-40)

Dalil as-Sunnah:
“Dari Abu Dzar bahwa pada suatu hari Rasulullah pernah bersabda: “Tahukah kalian kemanakah matahari itu pergi? Mereka berkata: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: “Sesungguhnya matahari itu berjalan sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah ‘Arsy, lalu dia bersujud. Dia tetap selalu seperti itu sehingga dikatakan kepadanya: Bangunlah! Kembalilah seperti semula engkau datang. Maka dia pun kembali dan terbit dari terbitnya, kemudian dia berjalan sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah ‘Arsy, lalu dia bersujud. Dia selalu seperti itu sehingga dikatakan kepadanya: Bangunlah! Kembalilah seperti semula engkau datang. Maka dia pun kembali dan terbit dari tempat terbitnya, kemudian berjalan sedangkan manusia tidak menganggapnya aneh sedikitpun darinya sehingga sampai ke tempat peredarannya di bawah ‘Arsy, lalu dikatakan kepadanya: Bangunlah! Terbitlah dari barat. Maka dia pun terbit dari barat.” (Shahih. HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan selainnya)

Dalil as-Sunnah:
“Dari Abu Hurairah dari Rasulullah bersabda: … (hadits yang panjang –insyaAllah ditulis kemudian-) Maka nabi (dari bani Israil) itu pun berperang, dan dia mendekat pada desa yang dituju saat shalat ashar, maka dia berkata kepada matahari: Engkau adalah makhluk yang diperintah dan saya pun diperintah. Ya Allah, tahanlah matahari itu untukku sebentar. Maka matahari itu pun ditahan sampai Allah memberikan kemenangan baginya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Kesepakatan para Ulama
-Berkata Imam Abdul Qahir al-Baghdadi: “Ahlus Sunnah sepakat atas tetapnya dan tenangnya bumi, dan bahwasanya bumi itu hanya bergerak kalau terjadi sesuatu misalnya gempa atau lainnya.” (Lihat al-Farqu Bainal Firaq)

-Berkata Imam al-Qurthubi: “Yang diyakini oleh kaum muslimin dan ahli kitab ialah bahwa bumi itu berhenti dan tetap tenang, dan biasanya gerakannua itu hanya terjadi kalau ada gempa.” (Tafsir al-Qurthubi)

-Berkata Imam Ibnu Hazm: “Terdapat sebuah dalil yang paten dan bisa langsung disaksikan dengan panca indera bahwa matahari mengelilingi bumi dari timur ke barat kemudian dari barat ke timur.” (Lihat al-Fishal)

-Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah: “Siapa pun yang berada di bumi lalu melihat keadaan matahari saat terbit, saat berada di tengah-tengah, juga saat tenggelam. Di tiga waktu ini matahari berada pada kejauhan yang sama dan juga dalam satu bentuk, maka dia akan mengetahui bahwa matahari iru beredar dalam sebuah garis edar berbentuk bulat.” (Majmu’ Fatawa)

-Berkata Imam Ibnul Qayyim: “Kemudian perhatikan penciptaan bumi yang tetap sebagaimana saat diciptakan, yaitu berhenti tidak bergerak dan tenang, agar bisa menjadi tempat tinggal bagi hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya.” (Lihat Miftah Darus Saadah)

-Berkata al-Hafidz Ibnu Hajar saat menerangkan hadits Abu Hurairah: “Maksud dari keterangan ini adalah menjelaskan bahwa matahari beredar setiap hari dan setiap malam.” (Lihat Fathul Baari)

-Berkata Syaikh Abdul Aziz bin Baz: “Maka saya katakan, ‘Al-Qur’an, as-Sunnah, serta kesepakatan para ulama dan realita yang ada menunjukkan bahwa matahari itu beredar di garis edarnya sebagaimana yang ditetapkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala sedangkan bumi itu tetap diam tidak bergerak, yang mana Allah menyiapkannya sebagai tempat tinggal dan Allah memantapkannya dengan gunung-gunung agar tidak bergerak bersama mereka.” (Lihat al-Adillah an-Naqliyah wal-Hissiyah)

Dan masih banyak lagi perkataan ulama yang serupa.
Walhamdulillahirabbil ‘alamin.

sesuai nama blog www.walahwalah.com
admin hanya mencari postingan yang walah-walah, mohon maaf untuk posting kali ini dan admin sama sekali tidak bermaksud untuk sara.
terimakasih
salam
Description: Matahari Berputar Mengelilingi Bumi Rating: 4.5 Reviewer: deldywoy godspeed - ItemReviewed: Matahari Berputar Mengelilingi Bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Top Comment :
javascript:void(0)